Bekerja di Perusahaan Asuransi Syariah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebelumnya saya mohon maaf atas kelancangan & keterbatasan ilmu saya. Saya ingin bertanya terkait dengan hukum bekerja di perusahaan asuransi syariah.
Saya ditawarkan bekerja di perusahaan asuransi syariah (oleh ibu saya) sebagai sekretaris. Pertanyaan saya adalah:
1) Apakah sama atau berbeda regulasi perusahaan asuransi syariah dengan perusahaan asuransi konvensional? Apakah mengandung gharar / unsur riba yang sama dengan perusahaan asuransi konvensional? 
2) Apakah kelak penghasilan saya bisa dikategorikan halal, mengingat posisi saya sebagai sekretaris (seharusnya) tidak terlibat dalam proses transaksi apapun? 
3) Jika sejatinya perusahaan asuransi syariah ini sama saja dengan asuransi konvensional, boleh kah saya menolak tawaran ibu saya, karena saya tidak ingin menyinggung/melukai perasaan beliau?
 
Mohon nasihatnya..
Wassalamu’alaikum.. 
Sahabat Kepo Asked on Februari 24, 2018 in Muamalah.
Add Comment
1 Answer(s)

Waalaikum Salam

1. Untuk jawaban nomor 1 dan 2, kami masih sedang mengkaji bagaimana sistem yang berjalan agar kemudian dapat dipahami apakah sudah memenuhi kriteria Fiqh Muamalah atau belum.

Untuk pertanyaan nomor 3. Andai ada sesuatu yang diinginkan oleh orang tua untuk kita lakukan sementara hal itu terlarang menurut pandangan agama, maka kita tidak wajib taat. لا طاعة للمخلوق في معصية الخالق Tidak ada anjuran taat kepada makhluk pada perkara yang menjatuhkan kita ke dalam maksiat kepada Khaliq (Allah)

Wallahu’alam

Sahabat Kepo Answered on Maret 22, 2018.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.