Ilmu PengetahuanNo Comments


Kapan Hafal Quran 30 juz? Bagi penghafal Quran sebuah pertanyaan yang menohok sama seperti pertanyaan buat jomblo sewaktu silaturahmi lebaran ditanya, kapan nikah?

Pertanyaan tentang kapan bisa pasti selalu ada dipikiran kita yang sedang berusaha menghafal Al Quran. Namun perlu diingat bahwa menghafal Al-Quran bukan soal balapan, cepat-cepat hafal namun ini perkara mengamalkanya. Seperti firman Alloh

“Janganlah kamu menggerakan lidahmu untuk (membaca) Alquran karena hendak cepat-cepat menguasainya, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya,” (Al-Qiyamah:16-17).

Bahkan para sahabat membutuhkan waktu yang lama untuk menghafal sambil mengamalkan apa yang dihafalkanya. Menurut riwayat Ibnu Sa’ad dalam kitab “At Thobaqoot Al Kubro” (164/4), ia berkata :  Mengabarkan kepada kami Abdullah bin Ja’far menceritakan kepada kami Abu Al Malih dari Maimun “ Sesungguhnya Ibnu Umar mempelajari surat Al Baqoroh dalam waktu empat tahun”.

Mengapa sahabat membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun? Abu Abdur Rahman As Sulami berkata : “Diceritakan kepada kami bahwasannya mereka yang mengajarkan Al Qur’an  kepada kami, mereka tidak akan melampaui sepuluh ayat Al Qur’an sebelum mereka memahami dan mengetahui apa yang terkandung didalamnya dari sisi ilmu dan amal”.

Makin berat kan kalau dipikir-pikir. Namun akan ringan jika kita mencicil hafalan secara konsisten setiap hari. Nah buat menghitung kira-kira kapan hafal 30 juz dengan target hafalan harian yang berbanding lurus dengan semangat mengafal yuuk lihat tabel berikut :

Tabel Target Menghafal

Target selesai Waktu Menghafal Waktu Melancarkan Hafalan perhari Murajaah perhari
1 tahun 300 hari 65 hari 30 baris (2 halaman) min 5 juz
2 tahun 600 hari 130 hari 15 baris (1 halaman) min 2 juz
3 tahun 900 hari 195 hari 10 baris (2/3 halaman) min 1,5 juz
4 tahun 1200 hari 260 hari 7.5 (1/5 halaman) min 1 juz
5 tahun 1500 hari 325 hari 6 baris min 1 juz
6 tahun 1800 hari 65 hari 5 baris (1/3 halaman) min 1 juz

Tetap semangat dan istiqomah itulah kuncinya. Bismillah

Be the first to post a comment.

Add a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.