Ilmu PengetahuanNo Comments

default thumbnail

Menjaga hati bukan perkara sepele, melainkan hal yang cukup penting untuk diperhatikan, karena cara menjaga hati agar bersih memiliki banyak keutamaan. Salah satunya dapat diketahui dari firman Allah yang artinya, “(Yaitu) pada hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. asy-Syu’ara: 88-89). 

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ayat ini menunjukkan beberapa poin penting bahwa harta tidak bisa menjamin seseorang selamat dari azab Allah, berapapun tebusannya. Tidak hanya harta, namun anak laki-laki yang dimilikinya. Bahkan jika ia menebus dirinya dengan semua manusia yang bisa memberikan manfaat kepadanya, maka tetap tidak bisa menjaga dirinya dari azab Allah. Lantas apa yang bermanfaat untuk dirinya pada hari kiamat kelak? yaitu keimanan kepada Allah, terlepas dari kesyirikan dan dari para pelakunya serta memiliki hati yang terhindar dari kesyirikan dan juga kotoran-kotoran hati.

Cara Menjaga Hati Agar Bersih

Penjelasan Tentang Cara Menjaga Hati Agar Bersih

Nah, terjemahan yang di uraikan oleh Ibnu Katsir tersebut pada QS. Asy-Syu’ara: 88-89 menunjukkan betapa pentingnya menjaga hati agar bersih karena ia memberikan manfaat yang cukup besar di hari akhir nanti. Imam asy-Syaukani juga berkata, “Harta dan kerabat tidak bisa memberikan manfaat kepada seseorang pada hari kiamat. Yang bisa memberikan manfaat kepadanya hanyalah hati yang selamat. Dan hati yang selamat dan sehat adalah hati seorang mukmin yang sejati.”

Menjaga hati agar tetap bersih bisa dilakukan dengan beberapa cara, berikut merupakan Lima Cara Menjaga Hati Agar Bersih:

  1. Memperbanyak Mengingat Allah

Mengingat Allah atau berdzikir merupakan salah satu hal yang mampu menjaga hati menjadi tetap bersih. Karenanya, teruslah mengingat Allah dalam setiap waktu. dapat diaplikasikan dengan terus berdzikir, menyebut namaNya baik secara lisan maupun dari dalam hati. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Ar-Ra’du: 28 bahwa mengingat Allah mampu membuat hati menjadi tentram, dalam ayat lainnya pada Q.s Thaa-Haa: 130, bertasbih pada waktu-waktu tertentu seperti pada malam hari, siang hari, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dapat membuat hati senang. 

     2. Sering Membaca Al-Quran

Sering-seringlah meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran, karena membaca Al-Quran dapat menenangkan hati, dan dapat menghindarkan diri dari melakukan perbuatan sia-sia lainnya. Membaca Al-Quran juga dapat menumbuhkan rasa iman seseorang. Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al-Anfal:2.

Atau kalian juga bisa membaca alquran sambil bermain game menebak surat dari potongan ayat.

Baca Juga:  Bertanya Keislaman Dapat Hadiah Disini

     3. Memperbanyak Rasa Syukur

Bersyukur berarti merasa cukup atas segala sesuatu yang dimilikinya, dan tidak mudah iri dengan kenikmatan yang dimiliki oleh orang lain. Dengan menjaga rasa syukur, maka hati menjadi lebih lapang dan terjaga dari penyakit. Hal itu senada dengan firman Allah SWT dalam QS. Ibrahim:7 yang menyatakan bahwa Allah akan menambah nikmat kepada para hambanya yang bersyukur. 

    4. Menjaga Pandangan 

Menjaga pandangan terhadap lawan jenis mampu menimbulkan sesuatu yang tidak baik dan mampu merusak hati. Karenanya, penting sekali untuk menjaga pandangan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak sembarang perintah, menjaga pandangan diperintahkan Allah dalam firmanNya pada QS. An-Nur:30.

    5. Memelihara Rasa Sabar dan Ikhlas

Memiliki sifat sabar dan ikhlas dapat menjaga hati dari sifat tercela seperti kikir, dengki bahkan dendam. Memelihara rasa sabar dan ikhlas bisa dilakukan dengan senantiasa mengingat bahwa apapun yang terjadi di muka bumi ini, baik itu hal baik maupun buruk semuanya adalah dari Allah SWT dan insyaAllah itulah yang terbaik untuk diri kita. Teruslah mengingat bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. Hal itu juga sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah: 155. 

Itulah Lima Cara Menjaga Hati Agar Bersih. Mari aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk senantiasa memohon kepada Allah SWT untuk dimudahkan segala ikhtiar yang dilakukan. Karena manusia tidak punya kuasa atas apapun. Dan ingat, hati yang bersih mampu mempengaruhi setiap perilaku yang dilakukan. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia ada segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh anggota dan jika umaka rusaklah seluruh anggota, ketahuilah itulah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Be the first to post a comment.

Add a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.