featured-Risalah IslamNo Comments

default thumbnail

Tentang Website

 berisi kumpulan artikel ringkas seputar dasar Pengertian

berisi kumpulan artikel ringkas seputar dasar-dasar agama Islam, juga informasi dunia Islam, dinamika Muslim mancanegara, konsultasi Islam, dan lain-lain. Online semenjak 06 Oktober 2013.

berusaha menyajikan konsep-konsep dengan gaya bahasa yang gampang dipahami, praktis, dan tidak rumit. Dalam menyusun setiap goresan pena kami merujuk pada literatur keislaman yang kami miliki, termasuk Riset Data Online ke situs-situs Islam terpercaya.

Pengertian
ialah pesan-pesan Allah SWT yang terangkum dalam fatwa agama Islam sebagai panduan jalan hidup (way of life) bagi umat manusia.

Secara harfiyah (etimologis), risalah berasal dari bahasa Arab yang artinya pesan atau message (Inggris). Pembawa risalah disebut rasul (messenger)utusan, atau pembawa risalah.

Dalam konteks agama (Islam), istilah risalah dimaknai sebagai kerasulan, yakni para pembawa pesan dari Allah SWT (wahyu).

Kata risalah dan rasul berakar dari kata yang sama, yaitu Ra-Sin-Lam. Menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah, kata yang berakar Ra-Sin-Lam terdapat 513 kali di dalam Al-Quran dengan banyak sekali bentuk, 442 kali lainnya berkaitan dengan kerasulan pernyataan pokok-pokok dari sejumlah ayat tersebut, contohnya dalam Surat Yunus: 47, An-Nahl: 36, Al-Isra: 15, yang berbunyi:

“Tiap-tiap umat memiliki Rasul, maka apabila tiba Rasul mereka, diberilah keputusan diantara mereka dengan adil dan mereka tidak di dzalimi sama sekali” (Q.S. Yunus: 47)

“Dan bahwasanya telah kami utus kepada setiap umat seorang Rasul dengan seruan: sembahlah Allah dan jauhilah taghut” (Q.S.An-Nahl: 36)

“Dan tiadalah kami menyiksa suatu kaum hingga kami mengutus seoarang Rasul’’ (Q.S.Al-Isra: 15).

Dengan demikian, secara maknawiyah (istilah, terminologis), risalah ialah pesan yang diturunkan Allah SWT kepada para utusan-Nya (rasul). Dalam konteks Islam, pesan yang dimaksud ialah Kalamullah berupa ayat-ayat Al-Quran yang menjadi sumber utama fatwa agama Islam.

Dengan pengertian demikian, maka visi, misi, dan konten blog dengan nama domain ini sudah sanggup ditebak, yakni seputar fatwa agama Islam, informasi Islam, artikel Islam, kajian Islam, dan dinamika umat Islam atau kaum Muslim.

sendiri terdiri dari akidah, ibadah, dan akhlak, atau iman, islam, dan ihsan. Kata Islam, Muslim, akidah, ibadah, akhlak, iman, dan ihsan pun menjadi kata-kata kunci (keywords) website ini (www.risalahislam.com).***

 berisi kumpulan artikel ringkas seputar dasar Pengertian

Comment closed!