Apakah Ada Ahli Kitab Jaman Sekarang?

Assalamualaikum Ustadz, saya suka dengan seorang teman kantor, namun beliau wanita non muslim (kristen) yang taat dan akhlaknya baik sekali. saya ingin menyatakan perasaan dan ingin menikahinya, apakah boleh ustadz? dan apakah ada wanita ahli kitab jaman sekarang ini? syukran

Asked on March 18, 2020 in Nikah.
Add Comment
1 Answer(s)

Wa alaikumussalam warahmatullahi wa barakatuh

Bismillah walhamdulillah wasshalaatu wasalaamu ala rasuulillah, wa ba’du

Kita akan diskusikan dahulu apa itu ahli kitab sebelum membincangkan bagaimana hukum menikahinya.

Umumnya para ulama mendefinisikan bahwa yang dimaksud dengan ahli kitab adalah mereka golongan Yahudi dan Nasrani.

معجم لغة الفقهاء (ص: 95)

أهل الكتاب: هم اليهود والنصارى

Ahlu kitab adalah orang-orang Yahudi dan Nasrani.” (Mu’jam Lughah al-Fuqaha. Hal 95)

 

التعريفات الفقهية (ص: 39)

أهل الكتاب: هم اليهود المشهور ببني إسرائيل والنصارى وغيرُهما ممن اعتقدوا ديناً سماوياً ولهم كتابٌ منزل كصحف إبراهيم وتوراة موسى وزبور داود وإنجيل عيسى على نبينا وعليهم الصلاة والسلام.

Ahli kitab adalah orang-orang Yahudi yang terkenal dengan sebutan Bani Israil dan Nasrani, serta selain keduanya yang memiliki keyakinan agama samawi. Mereka memiliki kitab yang diturunkan dari langit seperti Suhuf Ibrahim, Taurat Musa, Zabur Daud, dan Injil Isa alaihimussalaam” (al-Ta’rifat al-Fiqhiyyah. Hal 39)

Kemudian timbul pertanyaan, apakah orang-orang yahudi dan nasrani hari ini masih bisa kita sebut dengan ahli kitab? Bukankah sudah banyak penyimpangan dan penyelewengan mereka terhadap keyakinan mereka sendiri?

Maka jawabannya adalah sebagaimana ditegaskan oleh jumhur ulama; Yahudi dan Nasrani hari ini adalah sama (secara prinsip) dengan Yahudi dan Nasrani di zaman dahulu (zaman Nabi saw dan para sahabat). Penyimpangan mereka bahkan telah terjadi sejak zaman nubuwwah. Hal ini disebutkan Allah swt dalam firman-Nya;

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِنْ لَمْ يَنْتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.” (QS. Al-Maidah : 73)

Meskipun demikian Allah swt dan Rasulullah saw tetap melabeli mereka dengan sebutan ahli kitab. Oleh karena itu, hari ini orang-orang yang mengaku sebagai Yahudi atau Nasrani dengan apapun golongan dan sekte mereka tetaplah kita sebut dan hukumi sebagai ahli kitab.

Lalu soal perasaan anda yang hendak meminang dan menikahinya, maka hal yang demikian diperbolehkan, sebagaimana kesepakatan jumhur ulama.

berdasarkan firman Allah swt dalam Al-Quran Al-Karim surat al-Maidah ayat 5;

وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ

“…(Dan dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu…”

Meskipun boleh bagi seorang laki-laki muslim untuk menikahi perempuan ahli kitab, dalam prakteknya para ulama tetap memberikan panduan agar diperhatikan, di antaranya;

  1. Yang boleh dinikahi adalah jika perempuan tersebut termasuk ahli kitab yaitu terbatas pada yahudi dan nasrani. Bukan orang atheis atau musyrik.
  2. Yang boleh dinikahi adalah jika perempuan tersebut afifah; yaitu perempuan baik-baik yang selalu menjaga diri dan kehormatannya.
  3. Setelah menikah, anda sebagai laki-laki muslim tetap wajib mendakwahkan islam padanya. Dimulai sejak hari pertama menikah sampai ujung usia. Begitu pula dengan keturunan yang hadir nanti, wajib mengikuti agama Islam; agama ayahnya. Bukankah Allah swt memerintahkan kita untuk menjaga diri dan keluarga dari panasnya siksa neraka?

 

wallahu a’lam.

Ustadz Answered on March 23, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.