Apakah Baca Al-Kahfi Sebagian Tetap Dapat Keutamaan?

Ustadz Mau tanya, kalau semisal baca surah al kahfi dihari jumat ga selesai tetep akan disinari cahaya antara 2 jumat ga ya?

Asked on March 18, 2020 in Umum.
Add Comment
1 Answer(s)

Tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, Nabi shallallahu’alaihi wasallam menjelaskan,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Di dalam hadis yang lain beliau bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi)

Bagaimana jika tidak selesai?

jika dilihat dari teks hadist maka keutamaan cahaya tersebut hanya akan didapatkan oleh mereka yang membacanya secara rampung. bagi yang tidak menyelesaikan bacaanya maka tidak mendapatkan keutamaan khusus tersebut. hyanya saja bukan berarti tidak mendapatkan keutamaan sama sekali.
dalam hadist lain dikatakan:

من قرأ سورة الكهف كما أنزلت، كانت له نوراً يوم القيامة من مقامه إلى مكة، ومن قرأ عشر آياتٍ من آخرها ثم خرج الدجال لم يسلط عليه

Siapa yang membaca surat Al Kahfi seperti saat ia diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya di hari kiamat yang panjangnya dari tempat ia berada sampai ke Makkah. Siapa yang membaca sepuluh ayat akhir dari surat Al Kahfi, kemudian Dajjal muncul, maka ia tidak akan mampu menguasainya. (HR. Al Hakim).

dalam hadist tersebut dikatakan jika hanya 10 ayat maka akan dibebaskan dari fitnah dajjal.  menunjukan adanya perbedaan fadhilah antara yang membaca penuh dengan yang membaca sebagian saja.

NAmun berapapun kita membaca ayat al-Quran pastilah ada fadhilahnya. bahkan meskipun satu ayat dari surat al-Kahfi. hanya saja jika ingin mendapatkan fadhilah penuh, maka sebaiknya baca semuanya.
Allahu a’lam
Ustadz Answered on March 18, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.