Apakah Fidyah Boleh Dibayar Dengan Uang?

Salam, Ustadz mau bertanya. Bagaimana cara membayar fidyah. Apa bisa bayar fidyah menggunakan uang?

Asked on May 17, 2020 in Puasa.
Add Comment
1 Answer(s)

waalaikumsaalam…

Fidyah adalah kewajiban memberi makan orang miskin sebagai ganti puasa yang ditinggalkan atau karena sebab lain.

Dalam membayar fidyah ada beberapa ketentuan:

1. Satu Mud per Hari

Dalam pandangan jumhur ulama,  besaran fidyah yang harus dikeluarkan setiap harinya adalah sebesar satu mud bahan makanan pokok. Dimana satu mud adalah 1/4 sho’ (besaran zakat fithr). jika dikonversikan ke kilo gram maka satu mud adalah +- 750 gram.  sedangkan dalam madzhab Hanafi besaran yang harus dikeluarkan adalah satu sho’. satu sho’ adalah besaran yang dikeluarkan dalam zakat fithr. yaitu sekitar 3KG.

2.  Jumlah faqir = Jumlah Hari

jika seseorang memiliki kewajiban membayar fidyah lebih dari satu hari, maka disunnahkan untuk membagikanya sesuai jumlah hari yang wajib ia tanggung. Misal seseorang wajib membayar 10 hari fidyah, maka sebaiknya diberikan kepada 10 orang yang berbeda. akan tetapi praktik ini hanya sebuah kesunnahan. jikalau 10 paket dibagikan kepada 1 orang saja juga sudah sah dan memenuhi kewajiban.

3. Cukup Bahan makanan pokok

750 gram atau 3 kg yang wajib dikeluarkan adalah dalam bentuk makanan pokok murni sesuai dengan makanan pokok penduduk sekitar. yang dimaksud makanan pokok murni adalah beras atau makanan pokok yang dikeluarkan harus tidak kurang dari 750 gram atau 3kg. karena biasanya seseorang yang membagikan fidyah dia tidak hanya memberikan beras saja. biasanya ditambah tellur minysk, dan lain sebagainya.  dan memang itu hukumnya sunnah. akan tetapi menjadi tidak sah jika 750 gram itu terdiri dari 500 gram beras dan 250 gram telur misalnya. karena fidyah adalah memberikan makanan pokok, dan makanan pokok yang dikeluarkan tidak boleh kurang dari takaran tersebut.

4.  Membayar dengan uang.

Dalam masalah ini, ulama berbeda pendapat. MAdzhab jumhur ulama tidak memperbolehkan seeorang mengelluarkan fidyah menggunakan uang. karena dalam ayatnya secara tekstual menyebutkan  ith’am (memberi makanan). sedangkan dalam madzhab hanafi, diperbolehkan untuk membayar fidyah menggunakan uang. karena maksud dan tujuan fidyah adalah membantu memenuhi kebutuhan faqir miskin. dan uang pun sudah bisa menjadi jawaban itu.

maka silahkan saja jika ingin membayar fidyah menggunakan uang sesuai madzhab hanafi. akan tetapi harus konsisten, takaran yang dikeluarkan juga harus sesuai dengan madzhab hanafi yaitu 3 KG makanan pokok.  tidak boleh kemudian emncampur adukan madzhab dengan cara membayar senilai 750 gram beras saja.

Allahu A’lam

Ustadz Answered on May 19, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.