Apakah Nanah Jerawat Termasuk Najis?

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh saya ingin bertanya, waktu itu saya mau shalat pakai kopiah tapi ada jerawat di jidat saya lalu saya pencet lalu keluar nanah kering apakah najis?

Incoming search terms:

  • nanah bekas jerawat saat sholat
  • nanah di jerawat apa hukumnya
Sahabat Kepo Asked on May 14, 2018 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)

Alaikum salam wr. wb

Pada dasarnya darah jerawat termasuk dalam katagori Najis najis yang dima’fu atau najis yang dimaafkan. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Asbah wan Nadhair, berikut kutipannya:

تقسيم النجاسات
أقسامأحدها : ما يعفى عن قليله وكثيره في الثوب والبدن وهو : دم البراغيث والقمل والبعوض والبثرات والصديد والدماميل والقروح وموضع الفصد والحجامة ولذلك شرطان
أحدهما : أن لا يكون بفعله ، فلو قتل برغوثا فتلوث به وكثر : لم يعف عنه
والآخر : أن لا يتفاحش بالإهمال فإن للناس عادة في غسل الثياب ، فلو تركه سنة مثلا وهو متراكم لم يعف عنه قال

Pembagian najis diantaranya adalah najis-najis yang dimaafkan baik sedikit maupun banyak jumlahnya, baik di baju maupun di badan, contohnya yaitu : darah kutu loncat, kutu rambut, nyamuk, jerawat, nanah, bisul, cacar dan darah pada tempat bekas bekam.  Najis-najis tersebut dimaafkan dengan  dua syarat :

pertama: tidak terjadi karena perbuatan dirinya sendiri, sehingga jika sengaja membunuh kutu kemudian darahnya mengotori baju dan banyak darahnya maka darah tersebut tidak dimaafkan.
 
kedua: tidak melampaui batas dalam membiarkannya, karena manusia mempunyai kebiasaan mencuci baju, jika baju ditinggalkan tanpa dicuci selama setahun misalnya, dan dibiarkan bertumpuk-tumpuk maka tidak dimaafkan. [Asbah wan Nadhair]
 
Berdasarkan uraian dari kitab Asbah wan Nadhair tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa darah jerawat termasuk najis yang dimaafkan dengan catatan tergencet dengan sedirinya sehingga tidak menyebabkan batal shalat, akan tetapi jika disengaja pencet maka  tidak dimaafkan dan konsekuensinya shalat pun juga batal.
 
 
Saiful Hadi – catatanfiqih.com

 

 

 

 
Sahabat Kepo Answered on February 2, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.