Apakah Riba Kelipatan Biaya Transfer?

Saat ini saya bekerja dari rumah sebagai agen dari salah satu bank yang ingin sy tanyakan riba kah kelipatan biaya transfer?? contoh jika seseorg ingin melakukan transfer uang sebanyak 2 juta maka jika transfer sesama bank akan dikenakan biaya Rp.20.000 sementara jika antarbank Rp.25.000 sebab setiap kelipatan 500ribu akan dijenakan biaya Rp.5000 sementara biaya awal jika sesam bank Rp.5000

Sahabat Kepo Asked on May 12, 2018 in Muamalat.
Add Comment
1 Answer(s)

Waalaikumsalam Wr, Wb

Hukum biaya tranfer dalam perbankan itu mubah (boleh) karena itu termasuk kedalam kategori ujroh/ijarah yg artinya upah, imbalan atau jasa. Dimana dalam hal ini bank meberikan layanan jasa transfer untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi. Sehinga bank berhak mendapatkan upah atas layanan yg diberikan.

Biaya administrasi dalam transfer lewat atm itu salah satu produk perbankan. Produk kan ada jasa ada barang. ATM adalah salah satu produk jasa perbankan.
Sama seperti pedagang yang boleh menetapkan keuntungan dari setiap produk yg dihasilkan.

Tidak ada perbedaan pendapat ulama dalam hal ini. Ulama hanya menganjurkan andai ada bank syariah lebih baik transaksi/transfer melalui bank syariah sebagai upaya untuk memajukan perbankan syari’ah. Namun bukan berarti melarang. di Bank Konvensial sering disebut biaya administrasi, sedangkan di bank Syariah disebut Ujroh.

Maka biaya transfer tidak termasuk riba melainkan masuk kedalam kategori produk ujroh yg diperbolehkan..
Wallahu a’lam

Ustadz Answered on February 13, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.