Apakah Setelah Menikah Wajib Ikut Suami?

Assalamualaikum wr wb,

Apakah bagi seorang wanita setelah menikah wajib ikut suami ustadzah?

Asked on April 4, 2020 in Nikah.
Add Comment
1 Answer(s)

Wa’alaikum salam wr wb.

Ananda yang sholehah, ketika seorang muslimah telah menikah maka ia bukan lagi di bawah tanggungan ayahnya. Tanggung jawab ayah dalam memenuhi kebutuhan anak muslimahnya baik dalam hal kebutuhan fisik, akal dan hatinya berpindah ke tangan sang suami. Maka karena itu setelah menikah ananda menjadi tanggung jawab suami dan mempunyai kewajiban utk taat kepada suami selama suami mengajak pada kebaikan. Termasuk juga jika suami mengajak istrinya untuk ikut serta bersama dengannya. Karena sejatinya setelah menikah pasti semua orang ingin tinggal bersama membangun keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah yang menjadi tujuan pernikahan itu sendiri.

Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya dijadikan untukmu, isteri-isteri dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram padanya, dan dijadikan diantaramu rasa kasih sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda ( Kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir  (QS. Rum: 21).

Dan di dalam surat At-thalaq ayat :6 Allah berfirman:

Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal sesuai kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka.” (QS. At-Thalaq: 6)

Oleh karenanya, harusnya semangat yang di bangun dalam berumah tangga adalah tinggal bersama hidup bersama.jikapun ada sesuatu yang menyebabkan hati tidak lapang maka komunikasi kan bersama suami.

Ustadzah Answered on April 4, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.