Benarkah Haram Potong Rambut dan Kuku Bila Mau Berqurban?

Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Ustadz yang dirahmati Allah. Mohon pencerahan dan bagi-bagi ilmunya.

Saya punya pertanyaan yang selama ini bikin saya penasaran. Pernah suatu ketika ada teman yang menasehati saya. Katanya kalau kita berniat mau menyembelih hewan qurban, maka kita diharamkan untuk memotong rambut dan kuku, hingga penyembelihan berlangsung?

Terimakasih

Sahabat Kepo Asked on August 8, 2019 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)

wa’alaikumsalaam wr wb

menurut madzhab syafi’iy hukum memotong rambut dan kuku hukumnya adalah makruh saja. Tidak sampai haram.
Tentu afdholnya bagi orang yang sudah berniat qurban jangan memotong rambut serta kukunya sampai nanti selesai menyembelih qurban. Namun jika terlanjur memotongnya maka tidak apa apa juga. Qurbannya tetap sah dan dia tidak berdosa.
Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam kitab al- Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa:

المجموع شرح المهذب )392 /8(
مذهبنا أن إزالة الشعر والظفر في العشر لمن أراد التضحية مكروه
كراهة تنزيه حتى يضحي

Menurut madzhab kami (syafi’iy) bahwa sesungguhnya memotong rambut dan kuku bagi pengqurban pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah hukumnya makruh tanzih, sampai dia selesai menyembelihnya. (An Nawawi, Al Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, hal. 392 jilid. 8).

Lalu yang dilarang itu apakah memotong rambut dan kuku saja? Bagaimana jika seseorang memotong jenggot, kumis, bulu ketiak dan bulu lainnya? Apakah
dilarang juga?

Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam kitab al-Minhaj Syarh Shahih Muslim menyebutkan bahwa:

“Ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan larangan memotong kuku dan rambut adalah menghilangkan kuku dengan dipotong atau dipecahkan. Larangan menghilangkan rambut adalah dengan digundul, digunting, dicabut, dibakar atau menggunakan kapur. Baik bulu ketiak, kumis, bulu kemaluan, rambut kepala dan semua rambut di tubuhnya” (Imam Nawawi, Syarah Muslim )13/139

Ustadz Answered on August 14, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.