Bolehkah Berkumur Saat Puasa Ramadhan?

Assalamualaikum Ustadz, Bolehkah Berkumur Saat Puasa Ramadhan? Membingungkan karena ada yang bilang boleh dan tidak boleh

Terima Kasih

Asked on May 4, 2020 in Puasa.
Add Comment
1 Answer(s)

Berkumur-kumur saat puasa diperbolehkan. asalkan tidak sampai masuk ke tenggorokan. sebagaimana sebuah hadist :

هَشَشْتُ يَوْما فَقَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَأَتَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَقُلْتُ صَنَعْتُ الْيَوْمَ أَمْراً عَظِيماً قَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَرَأَيْتَ لَوْ تَمَضْمَضْتَ بِمَاءٍ وَأَنْتَ صَائِمٌ ». قُلْتُ لاَ بَأْسَ بِذَلِكَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَفِيمَ »

“Pada suatu hari aku rindu dan hasratku muncul kemudian aku mencium istriku padahal aku sedang berpuasa, maka aku datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan aku berkata, “Hari ini aku melakukan suatu kesalahan besar, aku telah mencium istriku padahal sedang berpuasa” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Bagaimana pendapatmu jika kamu berpuasa kemudian berkumur-kumur?” Aku menjawab, “Seperti itu tidak mengapa.” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lalu apa masalahnya? (HR. Ahmad)

Hadist di atas menunjukan bahwa baik mencium istri ataupun berkumur saja tidak membatalkan puasa.

akan tetapi harus berhati-hati ketika berkumur. karena jika sampai ada yang tertelan meskipun tidak sengaja maka batal puasanya. sebagaimana menurut pendapat jumhur ulama. kaerna ada unsur kesengajaan untuk memasukan air ke dalam mulut, meskipun akhirnya tertelan dengan tidak sengaja.

 

ALlahu A’lam

Ustadz Answered on May 12, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.