Bolehkah Keluar Rumah Saat Berjunub?

Assalamualaikum wrwb

Saya dulu mendengar seorang ustadz mengatakan, jika sedang junub jangan keluar rumah, karena rumput-rumput, batu, dan makhluk Allah yang lain menghardikmu karena kamu belum bersuci. Benarkah demikian?

Mohon penjelasannya ustadz

Asked on March 28, 2020 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)

wa’alaikumsalaam warahmatullaahi wabarakaatuh
– Orang yang sedang junub boleh keluar rumah.

Dalilnya adalah, pernah seorang sahabat Nabi keluar rumah dalam keadaan junub dan Nabi tidak melarangnya/ mencelanya.

عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم لقيه في بعض طريق المدينة وهو جنُب ، قال فانخنستُ منه ، فذهبت فاغتسلت ، ثم جئت فقال : أين كنت يا أبا هريرة ؟ قلت : كنت جنُباً فكرهتُ أن أجالسك وأنا على غير طهارة ، فقال : سبحان الله ، إن المسلم لا ينجس

Dari abu hurairah ra. bahwa Rasulullaah saw. pernah bertemu dengannya di jalanan kota madinah sedangkan abu hurairah dalam keadaan junub. Abu hurairah berkata (menceritakan bahwa): (pada saat itu) aku berpaling dari Rasulullah saw., pergi dan mandi kemudian aku datang lagi. Maka Rasulullah saw. berkata: kamu tadi dari mana wahai Abu Hurairah? Saya (Abu Hurairah) berkata: saya tadi dalam keadaan junub, saya tidak suka membersamaimu dalam keadaan tidak suci. Maka Rasulullah saw bersabda: SubhaanaAllaah, sesungguhnya seorang muslim itu tidak akan menjadi najis. (HR: Bukhori & Muslim)

Ustadz Answered on March 30, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.