Bolehkah Menjual Produk Yang Iklannya Membuka Aurat?

Assalamualaikum Ustadz, saya ingin bertanya. Apa hukumnya menjual produk-produk yang menampilkan aurat muslim atau nonmuslim? Kadang produknya bagus, bermanfaat tapi model produknya tidak menutup aurat. Dan bagaimana
ustaz ketika kita share foto-foto model produknya?

Asked on March 18, 2020 in Muamalat.
Add Comment
1 Answer(s)

Waalaikumsalam…

Aurat adalah bagian dari tubuh yang haram untuk diperlihatkan, baik dari laki-laki maupun perempuan.

dan ulama sepakat hukumnya haram membuka aurat di hadapan yang tidak halal tanpa adanya kebutuhan. Sehingga terlihat oleh mereka yang haram untuk melihatnya.

Ulama juga sepakat hukumnya haram melihat  aurat jika secara langsung. namun bagaimana hukumnya jika terlihat melalui cermin, foto atau video?

sebagian mengatakan hukumnya sama persis dengan ketika melihat langsung. yaitu haram melihat meskipun hanya terbuka rambutnya.

namun sebagian ulama yang lain mengatakan hukumnya haram jika mengundang fitnah. akan tetapi jika aman dari fitnah maka tidak haram sebagaimana jika langsung.Jika hanya terlihat rambut atau sesuatu yang tidak vulgar dan masih alam batas wajar maka tidak masalah melihatnya. meskipun tetap haram bagi si wanita untuk melakukan foto seperti itu jika untuk diperlihatkan ke muka umum.

dari keterangan di atas, maka bisa kita jadikan acuan terkait pertanyaan. apakah haram menjual produk yang demikian? bisa halal bisa haram tergantung hukum aurat dalam foto sebagaimana di atas.

Ustadz Answered on March 22, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.