Bolehkah Shalat Berjamaah Berdua Dengan Non Mahram?

Ustadz, saya sering ada kejadian hanya berdua dengan teman lawan jenis di organisasi saat shalat. Apakah saya boleh mengimaminya, saat kami hanya berdua?

Terimakasih

Asked on May 11, 2020 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)

Seorang laki-laki sah untuk mengimami wanita. baik yang mahram ataupun bukan mahram. maka dari sisi shalat hukumnya sah-sah saja. hanya saja dalam masalah ini perlu diperjelas lagi keadaan berjamaahnya.

Dari sisi berjamaahnya maka sebenarnya tidak ada masalah jika harus berjamaah dengan perempuan bukan mahram. akan tetapi jika berjamaah dilakukan di satu tempat yang tertutup dan hanya berdua saja, maka hukumnya bisa haram. karena masuk ke dalam larangan  khalwat.

Rasulullah bersabda:

لا يخلون أحدكم بامرأة فإن الشيطان ثالثهما

“Janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan seorang wanita karena sesungguhnya syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad 1/18, Ibnu Hibban [lihat Shahih Ibnu Hibban 1/436], At-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awshoth 2/184, dan Al-Baihaqi dalam sunannya 7/91.)

Imam Nawawi berkata:

قال أصحابنا : إذا أمَّ الرجل بامرأته أو محرم له , وخلا بها : جاز بلا كراهة ; لأنه يباح له الخلوة بها في غير الصلاة وإن أمَّ بأجنبية ، وخلا بها : حرم ذلك عليه وعليها , للأحاديث الصحيحة

Ulama madzhab syafii berpendapat: jika seorang laki-laki mengimami istrinya atau mahramnya, dan berkhalwat (berduaan) denganya maka boleh dan tidak makruh.  karena memang diperbolehkan bagi mereka untuk berkhalwat di luar shalat. namun jik berjamaah dengan perempuan bkan mahram dan dalam keadaan berkhalwat hukumnya haram. karena dalil-dalil hadist yang shahih.

 

Akan tetapi jika jamaah dilakukan di tempat terbuka, atau ada orang lain di sana, maka jamaahnya sah dan boleh-boleh saja.

namun jika hanya berduaan dan di tempat yang tidak dilihat orang maka jamaahnya sah, shalatnya sah, akan tetapi berdosa karena berkhalwat.

Allahu A’lam

Ustadz Answered on May 12, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.