Bolehkah Zakat Untuk Donasi Covid 19?

Assalamualaikum Ustadz, Bagaimana hukumnya menggunakan zakat untuk Donasi Covid-19

Terimakasih

Asked on May 17, 2020 in Zakat.
Add Comment
1 Answer(s)

Zakat merupakan ibadah harta yang memiliki kriteria khusus. BAik dari segi jenis harta yang wajib dizakati, dan juga kepada siapa zakat ini ditasarufkan.

Allah berfirman:

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk (1) orang-orang fakir, (2) orang-orang miskin, (3) amil zakat, (4) para mu’allaf yang dibujuk hatinya, (5) untuk (memerdekakan) budak, (6) orang-orang yang terlilit utang, (7) untuk jalan Allah dan (8) untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. At Taubah: 60).

Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa zakat hanya diperuntukan kepada 8 ashnaf (golongan) saja. Tidak diperbolehkan menyalurkan dana zakat kepada selain 8 golongan tersebut. karena memang zakat adalah ibadah yang wajib, dimana semua ketentuanya sudah diatur secara pasti.

Zakat untuk bantuan covid-19

Jika bantuan untuk covid -19 adalah dalam bentuk santunan kepada fakir, miskin, orang ynag terlilit hutang yang terdampak covid, maka boleh diambilkan dari zakat. karena tepat sasaran sebagaimana keperuntukan zakat itu sendiri. akan tetapi jikabantuan tersebut berupa APD atau sejenisnya, maka tidak bis diambilkan dari dana zakat.

Hanya saja dalam islam masih banyak instrumen lain yang bisa mengcover hal0hal tersebut selain zakat. ada sedekah, ada wakaf, ada hadiah ada hibbah dan lain sebagainya. maka lebih baik gunakan instrumen penyaluran dana selain zakat jika keperuntukanya bukan untuk 8 ashnaf yang sudah ditentukan dalam ayat.

 

Allahu A’lam.

Ustadz Answered on May 20, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.