Ketika Wudhu di Toilet Apa Yang Dibaca?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ketika kita berwudhu di dalam WC, ketika keluar dari WC yang kita baca doa setelah wudhu atau doa keluar WC atau baca dua-dua nya? mohon penjelasannya ustadz. terimakasih

Incoming search terms:

  • hukum baca doa di toilet
Sahabat Kepo Asked on April 26, 2019 in Umum.
Add Comment
1 Answer(s)

Waalaikumsalam Warahmatullah,

Doa tidak pernah masih dalam rukun wudhu’. Sehingga tanpa berdoa pun wudhu tetap sah. Ada pun niat wudhu yang dilafadzkan, maka bukan termasuk doa. Sehingga kalau pun wudhu’ di dalam WC atau kamar mandi, tidak mengapa kalau melafadzkan niat.

Kalau pun ada dianjurkan baca doa seperti basmalah dan lainnya, statusnya bukan termasuk rukun dalam shalat. Sehingga mau dibaca atau tidak dibaca, tidak ada pengaruhnya ke dalam sah atau tidak sahnya berwudhu’.

Disunnahkan untuk membaca basmalah sebelum mencuci kedua tangan, dimana mencucinya juga sunnah sebelum mulai berwudhu.

روى مسلم [رقم: 234] عن رسول الله ص: من توضأ فقال أشهد أن لا إله إلا الله الخ فتحت له أبواب الجنة الثمانية يدخل من أيها شاء زاد الترمذي [رقم: 55] : اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين وروى الحاكم [1/564] وصححه: من توضأ ثم قال: سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك كتب في رق ثم طبع بطابع فلم يكسر إلى يوم القيامة أي لم يتطرق إليه إبطال كما صح حتى يرى ثوابه العظيم.
ثم يصلي ويسلم على سيدنا محمد وآل سيدنا محمد ويقرأ {إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ} [97 سورة القدر] ثلاثا

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Orang yang wudhu kemudian setelahnya membaca : Asyhadu an la ilaha illalah dst, maka dia dibukakan pintu surga 8 buah, masuk dari pintu mana saja yang dia inginkan.

Imam At-Tirmizy menambahkan doanya menjadi : Ya Allah, jadikan aku termasuk orang yang bertaubat dan orang yang mensuikan diri.

Imam Al-Hakim meriwayatkan dengan shahih : Siapa yang berwudhu dan berdoa : Maha suci Engkau ya Allah dan dengan memuji kepada-Mu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Engkau. Aku minta ampun dan taubat kepada Mu, maka ditetapkan atasnya …

Namun kalau wudhunya di dalam WC, maka doa-doa tadi jadi makruh dibacakan di dalamnya. Maka doanya bisa dibaca setelah keluar dari WC.

Ustadz Answered on June 16, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.