Orang Lain Berbuat Dosa Yang Saya Mulai, Dosa Jariyah?

afwan ustadz ana mau bertnya. ana dalu prnah melakukan dosa besar kemudian membuat orang lain mengikuti apa yang ana lakukan. ana sudah bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut. yang jadi masalah apakah ana tetap mendapat dosa setelah bertaubat atau taubat ana sia-sia? ana sudah melakukan berbagai cara agar dosa tersebut tidak menyebar. ana wktu dulu belum tau soal dosa jariyyah ustadz. tolong apakah Allah mengampuni saya kalau belum saya harus apa?

Sahabat Kepo Asked on December 28, 2018 in Akhlak.
Add Comment
1 Answer(s)

Selama kita sudah tahu kesalahan dan sudah berhenti dari perbuatan yang keliru, lalu kita bertaubat dan minta ampun, pastilah Allah sudah mengampuni dosa kita.

Tapi kalau apa yang kita lakukan dahulu ternyata jadi penyebab orang lain melakukan dosa-dosa, maka kita memang masih akan selalu ditarik-tarik untuk mempertanggung-jawabkan semuanya.  Di akhirat nanti, orang yang telah mengikuti jejak langkah kita itu akan menyeret-nyeret kita.

Oleh karena itu kita wajib menyadarkan mereka dan wajib mencegah mereka secara langsung. Sebab kesalahan mereka karena kesalahan kita juga. Jadi ada tanggung-jawab yang lebih dari sekedar hanya menghimbau ala kadarnya. Namun harus sampai kepada pernyataan tegas untuk berlepas diri dari kejahatan yang mereka lakukan.

Agar nanti di akhirat tidak diseret-seret oleh mereka lagi. JAdi intinya harus ada pernyataan yang tegas untuk tidak menyeret-nyeret kita di akhirat.

Ustadz Answered on June 27, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.