Siapakah Yang Berhak Menerima Daging Qurban?

Walaupun Qurban telah lewat, saya bingung dengan banyaknya qurban yang dilakukan oleh komunitas orang kaya, tapi dinikmati oleh kalangan sendiri. juga ada qurban di sekolah, juga dinikmati oleh siswa dan guru disekolah.

apakah itu bernilai qurban? apakah ada syarat penerima pembagian daging qurban? ada kategorisasi seperti penerima zakat misalnya?

Terimakasih Ustadz

Asked on August 16, 2019 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)

Umumnya, para ulama memberikan keterangan tentang pembagian daging qurban diperuntukkan kepada tiga golongan:

1. 1/3 dimakan oleh orang yang berqurban serta keluarganya

2. 1/3 disedekahkan kepada orang-orang fakir dan miskin sehingga bisa memenuhi kebutuhan mereka

3. 1/3 yang terkahir dihadiahkan kepada orang-orang yang mampu untuk mempererat tali silaturahim

Keterangan tersebut bisa kita lihat di dalam kitab Al-Hawi al-Kabir karya Imam al-Mawardi, bahwa beliau mengutip perkataannya Imam Syafii dalam madzhab jadidnya:

قَالَهُ فِي الْجَدِيدِ – أَنْ يَأْكُلَ، وَيَدَّخِرَ الثُّلُثَ، وَيُهْدِيَ الثُّلُثَ، وَيَتَصَدَّقَ عَلَى الْفُقَرَاءِ بِالثُّلُثِ لِقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى: {فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا القَانِعَ وَالمُعْتَرَّ}

Sedangkan pendapat baru adalah sepertiga untuk makan dan disimpan, sepertiga untuk hadiah, dan sepertiga untuk disedekahkan kepada fakir, sesuai dengan firman Allah (QS. Al-Hajj: 36

 

Adapun penyembelihan qurban yang dilaksanakan di sekolahan, maka bisa saja bernilai sebagai ibadah qurban jika terpenuhi syarat-syaratnya. namun jika ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi, maka penyembelihan tersebut hanya bernilai sebagai penyembelihan hewan biasa, meskipun dilaksanakan di momentum idul adha.

Allahu A’lam..

Sahabat Kepo Answered on August 22, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.