• Ask a Question
  • Create a Poll
150
Insert Image Size must be less than < 5MB.
    Ask a Question
    Cancel
    150
    More answer You can create 5 answer(s).
      Ask a Poll
      Cancel
      Sahabat Kepo

      Tidak Direstui Menikah Karena Mualaf

      assalamualaikum ustad. saya sangat ingin menikah dg pacar saya .namun dia mualaf 5 th . ortu saya tidak merestui krna takut saya dibawa untuk murtad .

      Bagaimana pendapat ustad ? . Apakah memang dia bukan jodoh saya ? . Selama ini saya brikhtiar . Tp saya sndir sbnrnya sedih skali krna saya ingin segera halal hubungan kami . Dia bahkan sudah buat surat perjanjian tak akan prnah mengajak saya murtad .namun ortu saya tidak mau tau .

       

      Asked by ayni on February 28, 2018 in Nikah.
      1 Answers
      Ustadzah

      Wa’alaikumus salam wr wb. Dinda yang disayang Allah kriteria sholeh dihadapan Allah itu ketika melaksanakan apa yg di perintahkan Allah dan meninggalkan semua larangan Allah. Dinda bisa melihat apakah beliau itu shalat 5 waktu ( dimesjid atau tdk), suka mengaji, tidak merokok, mempunyai akhlak yg baik ( sopan, baik tutur katanya, suka menolong, hormat pada yg tua, sayang pada yg lebih muda, tahu batasan hub antara laki2 dan perempuan yg non muhrim, tidak mengajak pacaran). Jika memang Beliau memiliki kriteria diatas maka yakinkan orang tua dengan bukti-bukti nyata. Mungkin salah satu caranya ajak orangtua shalat kemesjid tempat biasa beliau shalat, agar orang tua bisa melihat sendiri. Tidak cukup hanya dengan surat perjanjian tidak mengajak Murtad. Namun jika memang orang tua blm berlapang dada maka yg harus diingat Ridha Allah ada pada Ridha orang tua.

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, رضى الرب في رضى الوالد, وسخط الرب في سخط الوالد ” Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua ” (HR at-Tirmidzi) Ridha Allah dan Ridha orang tua yang ingin kita cari. Jangan sampai masalah ini membuat jarak yg renggang antara dinda dan orangtua. Maka yakinlah ketika sudah berusaha dan orang tua masih tdk mengizinkan, dinda harus berhusnu dhan Allah pasti menginginkan kebaikan utk diri dinda.

      Answered by Hayati Syarif on March 19, 2018.