Tidak Sengaja Tersentuh Non Mahram, Apakah Batal Wudhunya?

Answered

assalamu’alaikum ust,, izin bertanya, jika tidak sengaja tersentuh non mahram, apakah batal wudhu? seperti di kereta yang agak penuh kadang tidak sengaja tersentuh dan sulit dihindari trima kasih atas jawabannya, jazakallah khairan

Sahabat Kepo Asked on May 17, 2020 in Fiqih.
Add Comment
1 Answer(s)
Best answer

Wa’alaikumussalam warahmatullah..

Dalam pandangan madzhab syafii, sentuhan kulit antara lawan jenis yang bukan mahram, baik disengaja maupun tidak disengaja, hukumnya sama yaitu membatalkan wudhu.
Berbeda kasusnya jika yang terjadi adalah bapak andi hanya menyentuh rambutnya, kukunya, atau giginya, yang mana kesemuanya itu bukanlah kulit ,  maka dalam hal ini wudhu bapak andi tidaklah menjadi batal.
Begitu juga jika kasusnya adalah tidak bersentuhan secara langsung dengan kulit non mahram tersebut karena menggunakan sarung tangan, atau kain atau penghalang lainnya, maka hukumnya juga tidak membatalkan wudhu.
Jadi poin nya adalah didasarkan kepada kontak antar kulit non mahram, bukan didasarkan pada unsur kesengajaan ataupun tidak.

Namun meskipun demikian, pendapat ini bukanlah satu-satunya pendapat yang sudah disepakati dalam koridor fiqih empat madzhab, karena kalau kita merujuk kepada pendapat madzhab maliki, akan kita dapati bahwa bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram, baik menyentuh kulitnya, atau rambutnya atau lain sebagainya, maka bisa jadi hukumnya tidak membatalkan wudhunya, dengan syarat bahwa bersentuhannya tidak disertai dengan syahwat.

maka bisa kita simpulkan dalam pandangan ini, bahwa poinnya ada di syahwat.

Jika bersentuhannya disertai syahwat, maka wudhunya batal, tapi kalau bersentuhannya tidak disertai dengan syahwat , maka wudhunya menjadi tidak batal.

Wallahu a’lam bis shawab

Ustadz Answered on May 27, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.